Panineungan Kang Tatang Benyamin Koswara, Perjuangkan Seni Budaya di Atas Kursi Roda

Tatang Benyamin Koswara


Catatan DHIPA GALUH PURBA

TIDAK bisa berjalan bukanlah sebuah alas an untuk berdiam diri atau berpangku tangan. Masih ada tongkat penyangga, kursi roda, atau sepeda motor beroda tiga untuk tetap eksis dalam menjalankan aktivitas.

Seperti juga yang dilakukan Tatang Benyamin Koswara, putra keempat Mang Koko, sang maestro karawitan. Dengan keterbatasannya itu, Kang Tatang tidak berhenti berjuang, melanjutkan cita-cita sang ayah, menebar rasa cinta terhadap seni budaya bangsa melalui Yayasan Cangkurileung dan Majalah Seni Budaya Swara Cangkurileung.

Sepeninggal Mang Koko tahun 1985, “Cangkurileung” tetap bersuara dibawah kepemimpinan Kang Tatang. Berbagai kegiatan karawitan tetap berlangsung secara kontinyu, dan majalah “warisan Mang Koko” pun tetap terbit berkala setiap bulan. Untuk menjaga kelangsungan penerbitan majalah berbahasa Sunda tersebut, Kang Tatang sering kali harus merogoh uang sakunya pribadi. Seperti halnya Mang Koko, Kang Tatang pun memperjuangkan seni budaya, tidak untuk memperkaya diri.

Kang Tatang lahir di Bandung, 28 Januari 1949. Mewarisi kepiawaian Mang Koko, sejak duduk di bangku SMPN 9 Bandung, Kang Tatang sudah mahir bermain alat musik kacapi. Oleh karena itu, sejak kecil Kang Tatang sudah dilibatkan dalam berbagai pergelaran “Cangkurileung”. Namanya dikenal sebagai salah satu seniman karawitan, bukan hanya karena ia putra Mang Koko, melainkan kepandaiannya dalam memainkan alat musik.

Pada suatu hari di tahun 1974, Kang Tatang turut bergabung dalam rombongan kesenian dari Uril Azdam III Siliwangi, dibawah pimpinan Mayor Abdul Qodir Ilyas. Rombongan kesenian tersebut mau mengadakan pergelaran di Tanjungpriuk, Jakarta. Sebelum berangkat dan bahkan sampai digelarnya pementasan, Kang Tatang dalam keadaan sehat, dengan kondisi prima.

Namun, sepulangnya dari Tanjungpriuk, ketika bis yang ditumpangi rombongan memasuki kawasan Bogor, tiba-tiba Kang Tatang berteriak kesakitan sambil memegang kakinya. Tentu saja seluruh penumpang sangat kaget. Berbagai spekulasi terlontar saat itu, dari mulai pengeringan tulang, radang tulang sendi, sampai kanker tulang. Yang pasti, sejak saat itulah Kang Tatang harus berjalan dengan tongkat penyangga atau menggunakan kursi roda. Demikian sebagaimana dikisahkan seniman Nano. S., yang sepulang manggung dari Tanjungpriuk, duduk persis di sebelah Kang Tatang.

Tak Risau, Tetap Bergurau
Penyakit yang dideritanya, tidak lantas memadamkan semangat Kang Tatang untuk terus bergelut di dunia kesenian dan mengajar kesenian di Konservatori Karawitan, yang kemudian berganti nama SMKI, dan berganti lagi menjadi SMKN 10 Bandung.

Lebih mengagumkan lagi ketika Kang Tatang berhasil memegang kendali kegiatan Yayasan Cangkurileung dan Majalah Seni Budaya Swara Cangkurileung. Bahkan setelah pensiun mengajar, Kang Tatang masih sempat membuka kursus kacapi di rumahnya dengan gratis.

Kursus ngacapi itu sebenarnya diperuntukan bagi anak muda Sunda yang ingin mempelajari kacapi. Namun, yang berdatangan malah anak-anak muda dari luar negeri. “Urang Sunda mah mani hararésé sakitu digratiskeun. Kalah urang Jepang nu dialajar ngacapi téh, jaba malayar deuih…” begitu kata Kang Tatang ketika beberapa bulan yang lalu sedang melatih Yuko Jindo, Hiromi Yamamoto, dan Sumiko Yoneda di kediamannya, Komplek Jakapurwa, A-16, Bandung.

Selain gigih dan bersemangat, Kang Tatang pun dikenal sebagai seniman periang yang senang bercanda. Plesetan segar dan spontanitasnya dalam bergurau bisa membuat orang tertawa terbahak-bahak.

Bahkan penyakit yang dideritanya pun sering kali menjadi bahan gurauannya. Contohnya, dalam sebuah acara kebudayaan, saya membantu memapah Kang Tatang menuju kursi. Ia malah berkata, ”Cicing ulah dibantuan sagala, da bisa leumpang sorangan ogé. Éra tuh ku batur, bisi disangka geus aki-aki...” Atau disaat membicarakan penyakitnya, Kang Tatang sering berkata: ”Baé lah nyeri suku mah da jauh kénéh kana jantung ieuh...”

Menjelang bulan Ramadhan 1431 H,  Kang Tatang dirawat lagi di rumah sakit. Kondisinya sudah sangat lemah. Ketika saya menjenguk ke rumah sakit, Kang Tatang hanya mampu mengucapkan permohonan maaf kepada seluruh pembaca Majalah Seni Budaya Swara Cangkurileung.

Dan pada hari Sabtu, 14 Agustus 2010, pukul 23.00 WIB,  Kang Tatang berpulang ke Rahmatullah di Rumah Sakit Al-Islam, Bandung. Jenazahnya dikebumikan di TPU Rancacili, Cijawura, Margasari, Bandung.

Kang Tatang meninggalkan seorang istri (Ibu Nining), dan dua anak, bernama Anita Prilia dan Sri Gantini.

Semoga arwah almarhum Kang Tatang Benyamin mendapat tempat yang mulia di sisi Allah SWT, amiien.***


Dimuat di Koran Harian PIKIRAN RAKYAT , 22 AGUSTUS 2010



=============================


Tatang Benyamin Koswara adalah putra keempat Mang Koko, sang maestro karawitan. Ia menjadi penerus Mang Koko dalam mengelola Yayasan Cangkurileung dan Majalah Seni Budaya Swara Cangkurileung.

Tatang Benyamin lahir di Bandung, 28 januari 1949, dan wafat di Rumah Sakit Al-Islam Bandung, 14 Agustus 2010. Jenazah telah dikebumikan di TPU Rancacili, Cijawura, Margasari, Buahbatu, Bandung. 
**

Berikut ini adalah ungkapan belasungkawa dari kawan-kawan di Facebook dan medsos lainnya yang sempat saya simpan:

Yoyok Karyo: Innalillahi waina ilaihi rojiun, turut berduka cita

Eni R. Kustiadi: Mugia kenging rahmat, maghfirah tur ditempatken dina maqom para sholihin, amien...

Muhamad Yusuf: mugi dtampi amal ibdahna ku gusti nu maha suci,amien..

Dety Wulandari: Turut belasungkawa, smoga almarhum dterima Iman Islam nya, diampuni sgl khilafnya..srt keluarga yg dtglkn dberikn ksabaran n ktabahan..

 Toto Utomo: Allohummaghfirlahu warhamhu wa'afihi wa'fuanhu.

Krisnayadi Abdurakhman: INNALILLAHI WA INNAILAIHIRAJIUN! Semoga amal ibadahnya diterima ALLah SWT. serta mandapat ampunan dari-Nya, keluarga yang di tinggalkan semoga sabar dan tawakal, kelak kita semua akan mengalami hal yang sama.

Toto Iskandar: Turut berdukacita sedalam-dalamnya, smoga amal dan ibadahnya diterima Allah SWT, dan bagi keluarganya diberikan kekuatan dan ketabahan.

Asep Mochamad Maftuh: Mugia sing ditampi Iman Islam, amal ibadahna ku Allah swt. Kulawarga nu dikantunkeun sing aya dina katabahan jeung kasabaran

Balad Gema Sunda: Mugia Almarhum ditampi Iman Islamna sareung kengeng rahmat jeung magfirah ti Allah swt.
Mugia aya dina katabahan jeung kasabaran ka kulawargi nu di kantunkeunna

Dian Putri Sekar: Trt duka cita ia
Eiza Zal: Amien Ya ALLAh Ya RABB...

Dede Yuhendi Xix: amiin....

Rosmellix Rosmelliac: Turut berduka cita...

Dhevany Nenti: Innalillahi wainailaihi roji'un....aku trt brdk cita,smg amal ibdh bliau d trm d sisi ALLAH SWT amiiiiiee.....!!!

Nanang Sutisna: Amien....

Nurose Kamila: innalillahi wainailaihi rojiun...ngiring bela sungkawa...mugia ditampi iman islam na ku gusti Allah SWT...Amiin.

Herning Widya: mugia kulawargi nu dikantunkeun sing dipasihan kakiatan Amiin

Ema Nur Arifah Hamzah: Turut belasungkawa..

Mang Deden Garokgek: ngiring bela sungkawa ku tilarna almarhum kang tatang, mugia Allah ngahapunten sagala dosana kalih nampi iman islamna.

**

Aki Nineung: Innalillahi wainna ilaihi rojiun, mugi sing ditampi iman islamna ku Gusti Allah swt. sareng ngiring doa supados aya anu neraskeun ngamumule seni Sunda. Amin.

Putra Galuh: aminnn

Ramadipa Awatara Pala: Ngiring bela Sungkawa....

Embong Harjakusumah: amiiiinnn, turut belasungkawa

Sakti Budhi Astuti: Semoga amal ibadahnya diterima disisi ALlah SWA.

Ade Kusnadi Ak: INNALILLAHI WA INNAILAIHIRAJIUN ! Mugia Almarhum ditampi Iman islamna sareng kenging rahmat jeung magfirah ti Allah swt. Mugia aya dina katabahan jeung kasabaran ka kulawargi nu di kantunkeunna.

Dessy Wardiah: turut belasungkawa ,... Semoga arwah almarhum diterima ditempat yang paling mulia disisi Allah swt.. amiiinnn.............

Dio Ragiel: moga Almarhum diterima di sisi Alloh SWT sesuai amal ibadahnya... Amin amin ya robbal 'alamin

Arie Rukmantara: ngiring belasungkawa...

Rusi Hartati: innalillahi wa inna ilaihi rajiun,pntn nembe uninga, mugi alm.dihapunten sgala kalepatan,ditampi iman islamna,waas ku sumangetna,ttp hdr ka acara2 kundang iteuk

Ada Optimis: Habihiforever Aamiin

Angka Budibass Budiman: Innalillahi wainnailaihi rojiun Ngiring belasungkawa pupusna Bp. Tatang Benyamin Koswara. Mugi ALLAH SWT nampi kana sagala amal ibadah kalayan aya dina jalan nu di piridho ku Manten-Na. Ka kulawargina oge mugi di paparinan kasobaran tina saniskkara cocobi. Amin., Wilujeng kantun Kang ..!

Jenner Ajah: Amiiiiin, Ya Robbal'allamiiiinnn

Paksi Tuwung Rancag: أمين ياربّلعالمين....

Heri Gunari Cui: amin yarobbal alamin..

Acam Camcam: Amin yaa Allah..

Bugaga Thea: Amin....pamugi sanes kanten ibadahna di tampi ku Allah robbul'alamin...

Ruudi F Noor: Ina lillahi waina illaihi roji'un...Amin YRA.

Iman Nugraha Wiramihardja: Amiin...YRA.

Balebat Isuk: Aamiin ya Robb....

Akay Ahadiat: amin....

Pandita Zagat Maya: Amiinnnn YRA.. mugia di tampi iman islamna, di hpntn dosa2na, srng disabarkeun keluarga nu di kantuna!

Neni Heriawati: Inna lillaahi wa inna ilaihi rooji'uun. Amiiin Ya Robbal Aalamiin ...

Chu Bonchu Chu: AMIN YA ALLAH YA ROBBALALAMIN.

Coma White: amien..[turut berduka]..

Berenyit van Java: Amiiin...YRA.

Teddy Punk Insaf: AMIIN....

Oroxt Lubiiezz: amiin ya allah..mugi bp.Tatang benyamin koswara..di tampi amal islamna

Agus Osim Rusmana: Amien...

Jembar Adielt Ismaya: amin..

Deden Khaerul Rodias: amiiin.

Nur Abi Sibogalakon Pasundan: AMIN YA ALLAH YA ROBBALALAMIN..

Edwin Ain G: Inna lilLahi wa inna ilaihi rojiun..  amiin ya Robbal 'Alamiin..

Ali Naseh: Amin.

Taufik Wiradinata: Amien, mugia amal ibadahna ditampi Allah SWT. Nu dikantun dipasihan kakiatan iman & sabar.

Apey Putu Yunus: amin,,,,,

Tjetjen Hs: Amien ya robbalalmin, mugi pa Tatang Benyamin dihapunten dosana, ditampi iman Islamna. Kulawargi nu dikantun mugi dipasihan kakiatan lahir batin.

Nurjannah Saefululum: Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un.

Ika Azza: amin ya robb,,mugia dihapunten sadaya kalepatan na,ditampi amal ibadahna,ditempatkeun ditempat anu mulia.. sareng kulawarga nu dikantunkeun dipasihan kasabaran sareng kaikhlasan..

Frans Miko: AMIIIN.........................

Ika Surtika: Innalillahi wainna ilaihi rojiun, ngiring bela sungkawa, mugia sing d tampi iman islamna, nu dikantun dipaparin kakiatan amin

A Dodol Wungkul: Amiin ya robb'alamiin

Ade 'jaw's Rachmat: Innalillahi wa inna ilaihi roji'un...Amien

Dede Rosyid: Amiin.

Nitnit Anyundh Purwana: amin..ngiring beLasungkawa..

Abah Sulintang: amiinnn: ...ya robbul alamin...

Ipoey Ars: ngiring bela sungkawa

Dede Wiradinata: amiin ya robbal alamin

ndra Rmd Saja: Abdi bangga gaduh guru sapertos bapak,,,,duh panineungan, mugia ditampi iman sareng islamna amin,,,

Engkos Warnika: PANINEUNGAN KANU MULANG
Hiji hiji kalakay murag
Kahandap kana taneuh
Hiji hiji kalakay murag
Muguran tinggal katineung

Naha enya kalakay ngajadi ipuk
Nyuburkeun taman-tamanna
Dahan dahan nu ngarangrangan
Nganti pucuk anyar sarirungan

Mangsa mulang pasti datang
Teu kedah di hayang hayang
Papasten bagian urang
Mung hiji neda pangdu’a
Muga we asal ti Allah
Nya mulang deui ka Allah

Tatat Prathika: SELAMAT JALAN GURUKU..... KARYA2MU KAN KUKENANG SAMPAI AKHIR HAYAT....... semoga alm Bpk TATANG BENYAMIN mendapat tempat terindah dari ALLAH.....

Onong Van Djomon: Alm Tatang Bunyamin Koswara.....Mugi ditampi Iman Islamna dihapunten saniskanten dosa-dosana............. Amin. Amin. Amin

Uiharuna 日本子 Ququ Kauwato: Innalillahi wainnailaihi roji'un.:ngahaturkeun pidua ka Bp.Tatang binyamin mudah2 ditmpi iman islamna,dicaangkeun jalana.dimernahkeun tempatna...amin

Ridwan Nugraha: innalillahi wainna ilaihi rojiun...mugia cing ditampi iman islam na..mugia oge aya nu kersa neraskeun ngamumule seni sunda kacapian...Amiin..Wilujeng Kantun Mang Tatang...

Umay Sumartana: Wilujeng angkat bapa.....

Abah Baiyu MoCy: Wilujeng angkat Pa Tatang B.K alm..mugia iman Islamna sing dtmpi ku Allah SWT..sing dicaangkeun d alam kburna..amiiinn..

Neng Latief: “Sesungguhnya hak Allah adalah mengambil sesuatu dan memberikan sesuatu. Segala sesuatu yang disisi-Nya dibatasi dengan ajal yang ditentukan. Oleh karena itu, bersabarlah dan carilah ridha Allah (HR. Bukari 2/80 dan Muslim 2/636)....NGIRING BELASUNGKAWA...mugia Almarhum ditampi Iman Islam tur amal Ibadahna...dihapunten sagala kalepatan nana...kasaean salami jumeneng tiasa ngajajap ka alam anu lapang ..caang..mungguh ALLAH...sadaya kulawargina dipaparin kakiatan sareng katabahan...amiin

Deni Sutendi: Mugia Allah SWT nampi kana sagala amal ibadahna sareng dipaparin panghampura/diampunii tina sagala dosana.dipasihan tempat anu mulya mungguhing Allah SWT.Amin.

Mochamad Sani Winandar: innalillahi wa inna illaihi rojiuun putra mang Koko Suwargi, bpk Tatang Benyamin Koswara td wengi, mugia dihapunten...


Mang Jojo: ‎"Inna lillaahi wa inna ilaihi ro'jiuun.. Telah kembali ke haribaanNYA Sabtu 14 Agt sktr, pk 23, saudara kita Tatang Benyamin d RS Islam. Jenazah disemayamkan di rmh beliau komp Jaka Purwa blok A no 16 .(kabar dari Ibu Willy Yanthi Aziz 30 menit yang lalu)







0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post